Monday, April 21, 2014

Bahaya

Setelah bertahun-tahun bergaul dengan kebiasaan pikiran dan perbuatanku, aku sadar bahwa bukan hanya aku tak suka mengobrol, tapi aku memang tak tau caranya mengobrol.
Awalnya aku kira aku adalah pendengar yang baik yang akan jadi dewa penolong bagi mereka yang suka bicara, tapi ternyata aku salah!. Aku bukan orang yang lihai menyimpan sikap hati. Kalau memang tak berkenan, aku memang lebih suka beranjak. Aku memang pendengar yang baik, untuk sahabat-sahabat dan keluarga, dan untuk kalimat-kalimat sakral (benarkah begitu?, atau ini cuma pendapat pribadi?, tentu saja, karena aku tak perlu pendapat resmi!)

Akupun ternyata bukan orang yang ramah dan gemar bersedekah senyum. Lalu siapa yang dilihat oleh orang-orang dalam tujuh tahun belakangan ini? Bukankah itu aku, bukankah itu sikapku, bukankah itu benar-benar karakter yang dikenal pada diriku?
Berarti aku sudah membuktikan bahwa karakter bisa dilatih! Bisa dipaksakan!
Nyatanya sekarang tiba-tiba saja aku tidak suka memberi senyum dengan mudah, tidak murah hati untuk menyapa duluan, dan tentunya TIDAK SUKA BERCAKAP-CAKAP, mulai yang basa-basi hingga masalah-masalah serius mengenai negeri tercinta. Aku melakukannya dengan sadar, tanpa ada kewajiban untuk meralatnya.
Serius, bunuh saja aku daripada mengajakku bicara soal pemerintahan, bicara soal hukum, bicara soal kebijakan negara, atau jangan bunuh aku tapi jangan temui aku lagi untuk ngobrol!

Oke, jadi, ternyata skillku dalam hal ngobrol sangat minim! Dan ini bahaya sekali, karena dengan mudahnya aku akan terbawa sebuah arus yang mulai langka yang disebut dengan menjaga ucapan.
Apakah aku akan jadi makhluk langka?
Tentu tidak, kan sudah kubilang bahwa aku tak begitu suka mainstream!

Baiklah, orang-orang sibuk sekali dengan berbagai ilmu untuk mendekati dan mempengaruhi orang lain, mengenali alam, mengenali hewan, mengenali tuhan, sementara aku merasa seumur hidup inisulit sekali mengenali diriku.
Yah, begitulah. Sudah kubilang kan, aku tidak begitu suka mainstream?

No comments:

Post a Comment

Komen di sini ya..